Breaking News
Loading...

Tips Sehat dengan Pola Tidur

9:33 PM
Pola tidur yang baik sangat penting bagi tubuh untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Karena pada saat tidur itulah, hormon pertumbuhan dilepaskan dan sel-sel baru tumbuh dengan pesat menggantikan sel-sel yang lama, sehingga tubuh lebih tahan dari sakit. artikel ini akan membahas bagaimana sehat dengan pola tidur yang benar.
Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Setiap orang memiliki kebutuhan istirahat dan tidur yang berbeda-beda. Pola tidur yang baik dan teratur akan memberikan efek yang bagus terhadap kesehatan. Pemenuhan kebutuhan tidur sangat diperlukan terutama pada orang yang sedang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa tips tidur sehat
Kurang tidur dapat memicu orang menjadi banyak makan dan menyebabkan kegemukan. Mengatur pola tidur yang baik akan berakibat pada penurunan berat badan dan kesehatan yang prima.
“Kurang tidur memicu produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan tubuh memakan sampai 300 kalori lebih dalam sehari dibandingkan ketika tubuh cukup tidur,” kata dr. Oz, dokter yang memandu acara TV “The Dr. Oz Show”.
Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, yaitu hanya tidur sekitar 5,5 jam per malam, mengkonsumsi kalori jauh lebih banyak dan ngemil sepanjang hari daripada yang jam tidurnya cukup, yaitu 8,5 jam per malam.
Tidur yang terlalu lama malah dapat mengakibatkan tubuh kita menyerap / mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor lagi. Dan hal ini berdampak buruk bagi kesehatan. Sedangkan bila kurang waktu tidur juga merugikan kesehatan karena tubuh kita tidak diperbaharui dan dipulihkan lagi.
Satu hal yang pasti, tubuh dan pikiran tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa tidur. Bila kita menjalani tidur yang berkualitas buruk dalam jangka waktu lama, kesehatan fisik dan mental kita akan terganggu. Kekurangan tidur akan langsung menurunkan produktivitas, kemampuan menikmati hidup, dan penampilan kita.

 
Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperoleh tidur yang berkualitas untuk kesehatan:
1. Upayakan untuk membiasakan diri memulai waktu tidur dan bangun secara teratur. Bila kita sudah terbiasa dengan pola waktu tidur, hal ini akan secara otomatis akan terbawa seterusnya. Oleh karena itu hindari tidur terlalu larut malam agar tubuh mendapat waktu yang cukup untuk melakukan metabolisme hinga keesokan harinya.
2. Perhatikan pola makan yang teratur. Hindari makan yang berlebihan di malam hari. Waktu yang tepat untuk mulai tidur di malam hari adalah minimal 2 jam setelah waktu makan malam. Bila memungkinkan upayakan agar jadwal waktu makan malam tidak melewati pukul 19.00, hal ini dimaksudkan agar tubuh masih memiliki waktu untuk melakukan proses pencernaan.
3. Matikan lampu. Lingkungan tidur yang terbaik adalah gelap, tenang dan dingin. Pastikan memasang tirai atau masker mata untuk memblokir cahaya yang dapat membuat tetap terjaga.
Jika bisa, matikan semua peralatan elektronik yang memancarkan cahaya dari kamar tidur, seperti TV dan komputer. Gelap membantu tubuh merangsang produksi melatonin, hormon yang menyebabkan
3 posisi tidur yang baik untuk kesehatan
a. Untuk jalan nafas tidur miring mencegah jatuhnya lidah kebelakang yang dapat menyumbat jalan nafas. Lain halnya jika tidur pada posisi terlentang maka relaksasi lidah pada saat tidur dapat mengakibatkan penghalangan jalan nafas, penampakan dari luar berupa mendengkur.
Orang yang mendengkur mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen malah kadang-kadang dapat terjadi henti nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkan orang yang tidur dengan posisi demikian. Orang tersebut biasanya akan bagun dengan keadaan pusing karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu tidur kita.
b. Untuk jantung, tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak, sebab paru-paru kanan berada diatas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.
c.Bagi kesehatan paru-paru, paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring kesebelah kanan, jantung akan jatuh kesebelah kanan, itu tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.

Source : Xamherbal.com


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer