Breaking News
Loading...

Manfaat Sholat Malam

12:48 AM


Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa ada waktu-waktu diijabahnya doa-doa yaitu pada saat sepertiga malam terakhir, sebagaimana hadist berikut : 

“sesungguhnya pada malam hari terdapat satu waktu, tidak ada seorang muslim yang memohon suatu kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah Swt, kecuali Allah akan mengabulkan permohonannya”. (HR. Muslim)

Bila Allah telah berjanji akan mengabulkan doa hambanya disepertiga malam terakhir, lalu mengapa kita lebih suka memilih tidur dibandingkan dengan sholat malam?
Bagi orang yang beriman, shalat malam justru dijadikan sarana terbaik bagi dirinya untuk memulai hari penuh berkah dari Allah Swt. 

Seorang hamba yang berdiri mengagungkan tuhannay di keheningan malam akan memperoleh cahaya ketentraman dalam hatinya. 

Di sebutkan bahwa wajah orang yang sholat malam di sepanjang hari kedepan ajan bercahaya, karena ia telah memulai harinya dengan kebaikan. Berbeda dengan orang yang tidur karena malas sholat malam, hatinya gelisah dan jauh dari pertolongan Allah. 

Kenapa demikian? Karena ia tidak suka menjumpai Tuhannya di keheningan malam. Ia lebih suka bangun untuk urusan dunia saja. 

Ibarat Kata kalau jam 2 pagi ia akan mendapatkan uang 5 juta, pasti dengan senang hati ia akan bangun. Tapi untuk shalat tahajud jam 2 pagi hatinya malah merasa enggan, karena ia hanya mengukur segala sesuatu dari ukuran dunia saja. 

Suasana hening di sepetiga malam terakhir sesungguhnya mampu membuat pikiran ini tenang hingga dapat melahirkan ide-ide positif dan manfaat. Keheningan malam itu juga akan menjadi waktu muhasabah diri yang optimal. 

Memang bagi yang belum terbiasa bangun malam, hal ini dirasakan berat. Namun jika disertai nia yang sungguh-sungguh, insyaallah Allah Swt akan menudahkannya.



0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer